Walikota Padang 2004-2014 Fauzi Bahar Ajak Masyarakat Minang Bantu Korban Semeru

Fauzi Bahar, Walikota Padang periode 2004-2014 mengajak masyarakat Minang untuk peduli terhadap penyintas erupsi Gunung Semeru. Target bantuan berupa rendang 5 ton akan diberikan untuk kebutuhan pangan penyintas erupsi Gunung Semeru.

fauzi bahar walikota
Fauzi Bahar (tengah) saat memberikan ajakan agar masyarakat Minang peduli terhadap penyintas erupsi Gunung Semeru. (ACTNews)

ACTNews, PADANG Walikota Padang 2004 - 2014 Fauzi Bahar, mengajak masyarakat Minang membantu warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Ajakan ini disampaikan dalam Konferensi Pers Minangkabau Peduli, program Minang Dermawan bersama Koperasi Wanita Kaboga Padang, Senin (6/12/2021). 

Fauzi Bahar menceritakan, kondisi yang sama pernah dirasakan oleh warga Kota Padang, yakni saat gempa mengguncang Sumbar tahun 2009. Kota Padang hancur namun berhasil dipulihkan dalam waktu yang relatif singkat dengan bantuan berbagai pihak. 

Menurut Fauzi, bencana yang pernah dialami Kota Padang dan bagaimana menanggulanginya patut dikenang. Agar masyarakat Kota Padang sadar bahwa setiap manusia harus peduli dengan apa yang menimpa saudara di Tanah Air.

“Kita, yang terhimpun dalam ACT, Gebu Minang, Pemuda Panca Marga, dan lainnya, melakukan Semeru Peduli kenapa? Karena kita pernah merasakan masa sulit saat gempa menimpa Sumbar,” kata Fauzi dengan mata berkaca-kaca. 

Fauzi mengingatkan, pada tahun 2009, saat gempa mengguncang Kota Padang, Kabupaten Lumajang memberi bantuan untuk masyarakat Kota Padang yang terdampak gempa. Lalu Fauzi mengajak masyarakat Kota Padang, Minang, dan urang awak perantauan, agar memberikan setidaknya satu jiwa seperempat kilogram rendang. Karena sedikit saja sangat berarti bagi mereka (penyintas erupsi Gunung Semeru).

“Kita akan membungkuskan rending siap saji ukuran seperempat kilogram, dengan target lima ton. Saat kejadian (gempa dan tsunami) Palu, kita kirim 1,3 ton rendang dengan dua kali pengiriman. Untuk korban Semeru, kalau setiap KK dapat satu kilogram saja, maka kita sudah bisa memberi bantuan pada 5 ribu KK,” ujar Dosen Manajemen Bencana di Universitas Pertahanan ini.

Target 5 ton tersebut, diharapkan bisa terpenuhi dalam waktu waktu paling lambat tiga pekan ke depan.  Untuk mencapai target kemanusiaan ini, Fauzi mengimbau masyarakat memberi bantuan rendang dengan cara menyumbangkan dana yang bisa disalurkan melalui Aksi Cepat Tanggap (ACT) Padang atau transfer ke VA BNI 8660291020040236. Selain itu, masyarakat juga bisa membuat sendiri rendang, yang bisa disalurkan juga melalui ACT Padang.[]