Warga Ambon dan Maluku Tengah Nikmati Beras Gratis Jelang Idulfitri

Aksi Cepat Tanggap (ACT) Maluku mendistribusikan 200 kantong beras melalui program Beras untuk Anak Negeri (BERANI). Melalui program yang berjalan pada Jumat (22/5) ini, ACT Maluku menargetkan untuk membantu warga yang terdampak Covid-19 dan membahagiakan mereka menjelang Idulfitri 1441 H.

Para penerima manfaat dari program BERANI. (ACTNews)

ACTNews, AMBON – Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Provinsi Maluku menyuplai beras gratis di beberapa lokasi di Kota Ambon dan Warga Maluku Tengah. Aksi pada Jumat (22/5) ini bertujuan untuk membantu kebutuhan pangan untuk keluarga prasejahtera di tengah wabah Covid-19 menjelang Idulfitri 1441 Hijriah.

Muhammad Syamsudin Mahu dari Tim Program ACT Maluku mengatakan, suplai 200 kantong beras gratis di pelosok negeri ini merupakan aksi dari program Beras untuk Anak Negeri (BERANI). Melalui program ini, mereka menyapa beberapa titik yang ada di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah.

“Program berbagi pangan gratis ini kita lakukan di beberapa lokasi yang berbeda di Kota Ambon dan Kabupaten Maluku Tengah. Sejumlah lokasi tersebut antara lain Kompleks Kahena, Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau dan di Pulau Tiga Negeri Ureng, Kecamatan Laihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Semoga program yang kita jalankan ini dapat bermanfaat bagi mereka yang ada di pelosok negeri,” kata Syamsudin.


Salah satu ibu penerima manfaat BERANI. (ACTNews)

La Bua, salah satu penerima manfaat yang merupakan Pengurus Masjid Negeri Ureng, mengaku sangat senang dan berterima kasih kepada para dermawan dan ACT yang telah menyalurkan paket beras untuk mereka menjelang Idulfitri ini. Apalagi kondisi warga Negeri Ureng yang berprofesi sebagai nelayan sangat sulit, seperti krisis air bersih.


“Secara keseluruhan mata pencaharian warga Negeri Ureng sebagai nelayan. Kondisinya saat ini susah air bersih. Kami hanya mengharap air hujan, untuk membantu kebutuhan air, dan harus meyebrang pulau ke palau seberang mengambil air untuk kebutuhan seperti mencuci,” ujar La Bua.

Syamsudin berharap, program ini dapat berlanjut terus untuk membantu warga di tepian negeri. “Bahkan kami berharap program ini tetap berlanjut setelah tidak adanya virus corona. Karena dalam kondisi apa pun, warga di tepian negeri merupakan saudara kita yang juga membutuhkan kepedulian kita juga,” ujar Syamsudin.[]