Warga Bojonggambir Siap Sambut Masjid Baru

Warga yang tinggal di Kampung Pasirnagara, Wandasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, siap menyambut masjid baru. Masjid ini merupakan bangunan baru di lokasi masjid lama berdiri.

bojonggambir
Masjid lama warga Pasirnagara, Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. (ACTNews)

ACTNews, TASIKMALAYA Masjid Al Falah berada di Kampung Pasirnagara, Wandasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya. Pusat ibadah ini berdiri tahun 2010 dengan bangunan semi permanen. Hingga sekarang, bangunan masjid tak berubah banyak, tapi mulai rapuh terkikis cuaca dan zaman.

Berukuran 5x7 meter, Masjid Al Falah tak sebatas menjadi fasilitas solat lima waktu. Akan tetapi, warga Pasirnagara juga memanfaatkannya untuk kegiatan agama lain, seperti pengajian pekanan, pengajian anak-anak, ibadah tarawih sepanjang Ramadan dan sebagainya. Sayang, jemaah harus berdesakan di bangunan rapuh tersebut karena luas masjid tak sebanding dengan jumlah jemaah yang selalu ramai.

Keinginan warga untuk meluaskan bangunan masjid dan meremajakannya selalu ada. Inisiatif gotong royong pun pernah dilakukan. Akan tetapi, dana yang dikumpulkan tak kunjung cukup. Kondisi ekonomi warga sekitar yang kurang stabil dengan mayoritas bekerja sebagai buruh harian menjadi salah satu faktor belum terkumpul dana yang cukup untuk renovasi masjid.

Berangkat dari kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) berkolaborasi dengan dermawan, salah satunya BTN Syariah Tasikmalaya, membangun ulang Masjid Al Falah agar lebih nyaman untuk digunakan warga. Saat ini pengerjaan pembangunan masjid tengah berlangsung dengan target selesai di hari ke 20.

“BTN Syariah Tasikmalaya mendukung pembangunan Masjid Al Falah melalui penyediaan bahan bangunan. Semoga warga Kampung Pasirnagara lebih nyaman menjalani ibadah di masjid,” ungkap Endra Kurniawan dari BTN Syariah Tasikmalaya yang juga berharap agar kolaborasi dengan ACT dapat terus terjalin untuk meluaskan kebaikan.


Proses pengerjaan Masjid Al Falah di Bojonggambir, Tasikmalaya. (ACTNew)

Fauzi Ridwan dari tim Program ACT Tasikmalaya mengatakan, selain Masjid Al Falah, kedermawanan dari ACT Tasikmalaya juga pernah hadir di Bojonggambir. Di kecamatan yang banyak ditemui perkebunan teh dan jauh dari pusat kota ini, ACT telah membangun masjid hingga sekolah.

“Kami bersama dermawan terus berikhtiar menghadirkan yang terbaik. Tak hanya untuk warga di pusat kota, tapi juga menyapa hingga pelosok daerah,” ungkap Fauzi.[]