Warga Cilincing Ikut Bangun ICS Sulbar

Dampak gempa Sulbar yang besar membawa masyarakat dari berbagai penjuru negeri ambil bagian untuk membantu saudaranya. Tak ketinggalan warga Cilincing, Jakarta Utara yang walau terpisah jarak tak menyurutkan mengirim kebaikan.

Serah terima donasi
Serah terima sedekah dari warga Cilincing untuk pembangunan ICS di Sulbar. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA UTARA – Gempa magnitudo 6,2 yang mengguncang Mamuju dan Majene membawa warga di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara bergerak bersama membantu warga terdampak bencana. Padahal mereka terpisah jauhnya jarak bahkan terpaut waktu. Akan tetapi, kebaikan dapat mengalir tanpa mengenal batasan. Hal ini dibuktikan dengan serah terima donasi senilai Rp100 juta melalui Aksi Cepat Tanggap.

Uang ratusan juta tersebut merupakan sedekah warga yang diakomodir oleh pihak Kecamatan Cilincing. Camat Cilincing Muhammad Andri mengatakan, ajakan dari kecamatan kepada warga untuk ikut berpartisipasi untuk bersedekah disambut baik oleh warga. Sedekah senilai Rp100 juta ini dihimpun dalam rentang waktu sepekan.

“Pengumpulan sedekah ini diimbau oleh kecamatan kepada ke semua kelurahan dan RW di Cilincing,” ungkap Andri saat serah terima sedekah ke ACT di Kantor Kecamatan Cilincing, Jumat (26/2/2021).

Sedekah warga Cilincing yang terkumpul ini bakal disalurkan melalui ACT untuk pembangunan hunian nyaman terpadu (ICS) di Desa Botteng Utara, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju. Saat ini pembangunan ICS tengah berlangsung untuk menggantikan tenda pengungsian yang tak layak huni. Total ada 96 tempat tinggal dengan 20 pintu MCK, gudang, dapur umum serta fasilitas lainnya dalam tahap pembangunan. Seluruh fasilitas ini merupakan buah kedermawanan masyarakat yang akan diserahkan ke warga terdampak gempa.

“Kami mengucapkan penghargaan setinggi-tingginya kepada warga Cilincing. Ini jadi awal gerakan kita, jangan menunggu terjadi bencana, tapi kita harus bisa lebih mempersiapkan diri dengan segala kemungkinan,” ujar Andri. Serah terima sedekah di Kantor Camat Cilincing ini juga dihadiri oleh seluruh jajaran camat, kelurahan serta petugas keamanan.[]