Warga Dusun Melingai Kini Tak Kesulitan Air Bersih Lagi

Setelah menjalani proses pembangunan beberapa bulan, Sumur Wakaf Masjid lengkap beserta fasilitas sanitasinya rampung bagi Musala Ar-Ridho di Melingai, Bangka Tengah.

Seorang anak warga Melingai saat mencoba air yang bersumber dari Sumur Wakaf. (ACTNews)

ACTNews, BANGKA TENGAH – Sejak dibangun tahun 1998 silam, Musala Ar-Ridho di Dusun Melingai, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah tak memiliki sumber air sendiri untuk keperluan ibadah jemaahnya. Untuk keperluan bersuci misalnya, jemaah biasanya telah berwudu di rumah masing-masing atau jika harus berwudu di musala menggunakan air  kolong (lubang bekas tambang timah) yang juga dijadikan sumber air minum sehari-hari warga.

Dampak tak adanya sumber air sendiri ini, membuat nyaris setiap tahun Musala Ar-Ridho mengalami kesulitan air, apalagi jika masuk musim kering.

Mengetahui kondisi ini, Global Wakaf-ACT pada Agustus ini meresmikan Sumur Wakaf Masjid untuk Musala Ar-Ridho. Pembangunan sumber air serta fasilitas sanitasinya ini telah dimulai sejak Maret lalu dan kini sudah resmi bisa dipergunakan. Manfaatnya pun tak sebatas mendukung ibadah, tapi juga bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar sebagai sumber air bersih.

“Pembangunan Sumur Wakaf Masjid ini merupakan ikhtiar bersama membantu jemaah dan warga sekitar untuk memudahkan mereka mengakses air bersih. Harapannya, ibadah serta kebutuhan air harian bisa terdukung,” ungkap Ucap Cherry Octoryan, Kepala Cabang Global Wakaf-ACT Bangka.

Sambutan baik pun hadir dari DKM serta warga  Melingai. “Kami dari perwakilan pengurus Musala Ar-Ridho mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada masyarakat yang sudah berwakaf melalui Global Wakaf-ACT dan membangun sumur di sini. Alhamdulillah, kini jemaah masjid dan warga bisa mengakses air bersih dari Sumur Wakaf," ujar Abdurahman selaku ketua DKM Masjid Ar-Ridho.

Selain meresmikan Sumur Wakaf Masjid, Global Wakaf-ACT juga memberikan edukasi terkait perilaku hidup bersih dan sehat untuk warga. Tujuannya, agar warga mampu menjaga kondisi kesehatan tubuh dan lingkungan, terlebih di momen pandemi seperti sekarang ini.[]