Warga Dusun Waipot Jauh dari Akses Kesehatan

Warga Dusun Waipot mengaku jarang mendapatkan pelayanan kesehatan langsung di tempat tinggal mereka. Untuk memeriksakan kesehatan, paling tidak warga harus berjalan sejauh 4 kilometer menuju puskesmas pembantu.

Warga Dusun Waipot Jauh dari Akses Kesehatan' photo
Relawan dokter ACT Maluku Sarah Vanessa Saija mendengarkan keluhan pasien pada Pelayanan Kesehatan di Dusun Waipot, Desa Wakal, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Rabu (12/2). (ACTNews)

ACTNews, MALUKU TENGAH Tim Medis Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Maluku melakukan pelayanan kesehatan dan penyuluhan gratis di Dusun Waipot, Desa Wakal, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah. Total 51 pasien yang terdiri dari 21 lansia, 10 anak-anak, dan 20 dewasa memeriksakan kesehatan dan mengikuti penyuluhan, Rabu (12/2).

Relawan dokter ACT Maluku Sarah Vanessa Saija  mengatakan, sebagian besar pasien anak mengeluhkan gatal. Dokter Sarah mengatakan, faktor kebersihan yang kurang diperhatikan membuat anak-anak di Dusun Waipot mudah terserang gatal. Sedangkan, di kalangan lansia, warga mengeluh nyeri sendi di lutut dan nyeri pinggang. “Kebanyakan warga bekerja di kebun, itu salah satu penyebabnya,” jelas Sarah.

Warga Dusun Waipot mengaku, jarang mendapatkan pelayanan kesehatan langsung di tempat tinggal mereka. Untuk memeriksakan kesehatan, paling tidak warga harus berjalan sejauh 4 kilometer menuju puskesmas pembantu di Dusun Telaga Kodok.

Salah satu warga Dusun Waipot yang melakukan pemeriksaan kesehatan Wasina menuturkan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan MRI-ACT Maluku sangat bermanfaat. “Kami jarang periksa kesehatan. Kami warga Waipot merasa terbantu dengan pemeriksaan kesehatan ini. Kami juga berharap agar layanan kesehatan ini dapat berjalan dua bulan sekali di Dusun Waipot,” harap Wasina.

Setelah pelayanan kesehatan, tim medis ACT dan MRI Maluku melangsungkan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penyuluhan itu diharapkan dapat membuat warga dapat paham kebersihan, seperti cara mencuci tangan yang baik dan mandi dua kali sehari.[]


Bagikan