Warga Gaza Palestina Terima Bantuan Gerobak Motor Wakaf

Gerobak Motor Wakaf sebagai bantuan modal kerja disambut bahagia para penerima manfaat di Gaza, Palestina. Menjelang Ramadan, bantuan ini diharapkan dapat mendongkrak kondisi ekonomi sejumlah keluarga.

Para penerima manfaat Gerobak Motor Wakaf. (ACTNews)

ACTNews, GAZA — Senyum sumringah melambangkan syukur terpancar dari raut muka Moussa Abdul Haqq Alloush, Muhammad Fahim Azzam, dan Taha Muhammad Aljamal. Harapan mereka memiliki tuktuk terwujud. Mereka bertiga diamanahkan mengelola dan memelihara gerobak motor dari dermawan Indonesia melalui Wakaf Modal Usaha Palestina yang diinisiasi Aksi Cepat Tanggap.

Salah satu penerima manfaat, Moussa Abdul Haqq mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Ia akan memanfaatkan Gerobak Motor Wakaf untuk berdagang. 

“Alhamdulillah, terima kasih para dermawan dan  ACT yang telah mempercayakan bantuan gerobak motor kepada saya. Mudah-mudahan ini bermanfaat bagi keluarga saya dan juga menjadi amal bagi para dermawan,” kata bapak dengan delapan anggota keluarga itu. 

Kepala Kantor Cabang ACT-Gaza Palestina Tahany Ahmed Qasim mengatakan, Gerobak Motor Wakaf akan dimanfaatkan para penerima manfaat untuk berwirausaha, Melalui bantuan modal usaha tersebut, mereka bisa menawarkan barang atau jasa.

“Alhamdulillah pada pertengahan Maret, bantuan gerobak motor untuk usaha mikro di Palestina telah kita sampaikan. Selain modal usaha, akan ada pendampingan ke depan. Modal usaha ini diharapkan meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan keluarga para penerima manfaat, terutama menjelang bulan suci,” kata Tahany Jumat (2/4/2021).


Penerima manfaat gerobak motor. (ACTNews)

Sejak akhir Maret 2020, 42.900 warga Gaza  kehilangan sumber pendapatan akibat pandemi Covid-19. Bahkan situasi perekonomian di Gaza sudah hancur akibat blokade yang dilakukan Israel.

Bukan hanya bantuan modal usaha, pada Ramadan 2021, aksi kemanusiaan di Palestina akan lebih masif. “Semangat Ramadhan Aksi Tanpa Batas bersama ACT terwujud dalam aksi nyata. Beragam aksi kemanusiaan seperti pembagian iftar, paket pangan, dan Humanity Food Truck akan tersaji,” pungkas Tahany.[]