Warga Hulu Sungai Utara Patungan Hadirkan Ambulans di Palestina

Dalam sepekan, relawan gabungan berhasil menggalang kepedulian dari warga Hulu Sungai Utara untuk Palestina lebih dari Rp547 juta. Mereka bercita-cita ingin menghadirkan ambulans di Palestina.

1
Relawan gabungan di Hulu Sungai Utara saat menggalang kepedulian untuk Palestina dengan cara turun langsung ke jalan. Mereka bercita-cita menghadirkan ambulans untuk penduduk Palestina. (ACTNews)

ACTNews, HULU SUNGAI UTARA Penjajahan masih terus dialami rakyat Palestina. Salah satu yang cukup parah dirasakan terjadi di akhir Ramadan lalu. Ratusan penduduk Palestina wafat, termasuk perempuan dan anak-anak. Walau sekarang telah dinyatakan gencatan senjata, tapi blokade tetap diberlakukan.

Tergerak oleh penderitaan yang dialami penduduk Palestina, relawan yang tergabung dalam Relawan Gabungan Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan penggalangan kepedulian. Aksi ini dilaksanakan mulai 17 hingga 23 Mei 2021 lalu.

Penggalangan ini digelar dengan cara turun langsung ke jalan, salah satunya di kawasan Jembatan Paliwara dan perempatan Jalan Benua Lima. Selain itu, kepedulian juga digalang secara daring melalui media sosial. Hasilnya tak main-main, donasi lebih dari Rp547 juta terkumpul sampai 23 Mei lalu. Dan, sampai saat ini, donasi masih saja mengalir walau waktu penggalangan resmi sudah berakhir.

Menurut Nashiruddin, relawan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kabupaten HSU, pihaknya berkolaborasi dengan relawan yang berasal dari berbagai kalangan untuk menghimpun dan menggalang bantuan untuk rakyat Palestina. “Melihat kondisi saudara kita di Palestina beberapa waktu terakhir, membuat kami terketuk untuk membantu. Apalagi, masyarakat HSU juga merasakan apa yang dirasakan rakyat Palestina,” kata Nashiruddin, Kamis (2/6/2021).

Masyarakat HSU, sebut Nashiruddin, terketuk hatinya dengan memberikan donasi terbaiknya saat aksi penggalangan kepedulian yang dilaksanakan selama sepekan itu. Bahkan, ada pula warga yang menyumbangkan emasnya. “Kami sampai terkejut, sampai ada warga yang menyumbang emas miliknya untuk Palestina. Luar biasa, semoga mimpi kami menghadirkan ambulans untuk rakyat Palestina dapat terealisasi,” imbuh Nashiruddin.

Donasi dari masyarakat Kabupaten HSU sendiri, telah diserahkan kepada tim ACT Kalsel pada Senin (25/5/2021) sore, di Taman Siring Itik, Amuntai. Selain disaksikan Relawan Gabungan HSU, penyerahan donasi juga dilihat langsung Bupati HSU Abdul Wahid dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah HSU.

Sementara itu, perwakilan Relawan Gabungan HSU Ahmad Rifa’i mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Kabupaten HSU yang menyambut baik aksi penggalangan kepedulian yang digelar selama satu pekan. “Juga seluruh kawan-kawan relawan dan komunitas HSU yang menggalang kepedulian untuk saudara kita di Palestina, baik itu penggalangan di jalan dan juga melalui sosial media,” katanya.

Secara terpisah, Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin mengapresiasi apa yang dilakukan relawan dan masyarakat Kabupaten HSU untuk Palestina. Ia optimis, bantuan dari relawan dan masyarakat Kabupaten HSU dapat terwujud dengan kehadiran ambulans di Palestina.

“Apalagi ambulans sangat dibutuhkan. Bukan hanya saat meningkatnya serangan, tetapi juga digunakan dalam jangka waktu panjang. Sehingga kebermanfaatan armada ini dapat dirasakan rakyat Palestina, sampai kapan pun dan terus meluas,” ucap Zainal.[]