Warga Jakpus Harap Lumbung Sedekah Pangan Pantik Kedermawanan

Aksi Cepat Tanggap membuka Lumbung Sedekah Pangan untuk warga di RW 05 Kelurahan Karang Anyar, Jakarta Pusat pada Senin (10/8) kemarin. Keberadaan Lumbung Sedekah Pangan ini diharapkan dapat menjadi saluran kedermawanan bagi warga yang ingin berbagi dengan sesamanya.

Rak Lumbung Sedekah Pangan yang ada di dalaman depan Masjid Nurul Iman, Karang Anyar. (ACTNews/Reza Mardhani)

ACTNews, JAKARTA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) mulai mendirikan sejumlah Lumbung Sedekah Pangan. Salah satunya di RW 05 Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Lumbung Sedekah Pangan diletakkan tepat di halaman depan Masjid Nurul Iman pada Senin (10/8) lalu.

Aktivasi Lumbung Sedekah Pangan dihadiri langsung oleh Lurah Karang Anyar Heru Supriyono. Heru mengapresiasi keberadaan Lumbung Sedekah Pangan karena dengan hal tersebut dapat memantik kedermawanan masyarakat.

“Kalau untuk bantuan pangan, mungkin masyarakat juga tidak berkekurangan. Karena selama ini selalu ada bantuan baik dari pemprov maupun pihak lain. Tapi dengan adanya Lumbung Sedekah Pangan ini, masyarakat jadi punya saluran untuk berbagi sendiri. Misalnya ada masyarakat yang sulit, punya sedikit tapi ingin berbagi. Dengan adanya rak ini mereka tak perlu malu menyalurkannya,” ucapnya.

Begitu juga Iswanto selaku Ketua RW 05 Kelurahan Karang Anyar. Ia berterima kasih atas hadirnya Lumbung Sedekah Pangan dari ACT. “Mudah-mudahan hadirnya Lumbung Sedekah Pangan ini dapat menggugah jiwa serta rasa kepedulian warga RW 05 terhadap tetangga kanan-kiri depan-belakangnya. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini,” ungkap Iswanto.


Lurah Karang Anyar sedang memeriksa langsung Lumbung Sedekah Pangan. (ACTNews/Reza Mardhani)

Ana, warga setempat yang berada di sekitar Lumbung Sedekah Pangan, berharap program ini dapat menjadi berkah juga buat warga di sekitarnya. “Adanya Lumbung Sedekah Pangan ini bagus dan bermanfaat juga buat warga sekitar. Mudah-mudahan bisa menjadi berkah buat warga RW 05,” kata Ana.

Fuad Mursidi dari Tim Program ACT Jakarta Pusat berharap dengan adanya Lumbung Sedekah Pangan ini, masyarakat bisa bahu-membahu. Terutama mengingat saat pandemi ini banyak masyarakat sulit untuk mendapatkan penghasilan.

“Seperti kita tahu, pada masa pandemi seperti sekarang masyarakat banyak yang pendapatannya berkurang atau malah kehilangan sama sekali. Keberadaan Lumbung Sedekah Pangan ini diharapkan bisa menjadi solusi bagi masyarakat. Kita harapkan masyarakat yang punya rezeki berlebih nantinya dapat membantu mereka-mereka yang sedang mengalami kesulitan,” ujar Fuad.


Fuad juga berharap kontribusi dari para dermawan sekalian agar makin banyak lagi Lumbung Sedekah Pangan yang dapat diaktivasi di seluruh daerah, khususnya Jakarta Pusat. Dengan demikian, makin banyak lagi masyarakat yang dapat merasakan manfaat dari Lumbung Sedekah Pangan.

“Kita berharap tentunya partisipasi dari para dermawan, sehingga kita dapat menghadirkan lebih banyak lagi Lumbung Sedekah Pangan di berbagai tempat. Semoga dengan banyaknya Lumbung Sedekah Pangan nanti, masyarakat dapat saling berbagi dan membuat ketahanan pangan kita bisa lebih kuat di tengah kondisi ekonomi yang sulit ini,” ujar Fuad. []