Warga Kalsel Bersama Lawan Corona

ACT Kalsel membantu ikhtiar warga untuk mencegah penyebaran virus corona. Selain penyemprotan disinfektan, ACT juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang Covid-19.

Warga Kalsel Bersama Lawan Corona' photo
ACT dan MRI Kalimantan Selatan usai melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah masjid dan sekolah. (ACTNews)

ACTNews, BANJARMASIN - Kalimantan Selatan tak luput dari dampak penyebaran pandemi Covid-19. Masyarakat setempat pun mulai waspada. Berbagai ikhtiar untuk melawan corona dilakukan, salah satunya penyemprotan disinfektan. ACT bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Kalsel membantu ikhtiar warga untuk mencegah penyebaran virus corona. 

Sabtu (21/3), penyemprotan disinfektan dilakukan di sejumlah tempat umum di  Banjarmasin dan Tanah Bumbu. Salah satu tempat yang disasar adalah Pondok Pesantren Yayasan Insan Madani di Kecamatan Banjarmasin utara, Kota Banjarmasin. Berbekal Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dan penyemprot disinfektan, enam relawan secara bergantian menyemprot dan membersihkan seluruh sudut pesantren.

Muhammad Rusli sebagai Kepala Pondok Pesantren Yayasan Insan Madani mengatakan penyemprotan disinfektan di pesantren yang ia bina sangat berguna untuk warga pesantren. Aksi tersebut untuk mencegah wabah virus corona ini agar tidak mengkhawatirkan para orang tua dan siswa.

“Alhamdulillah, sekolah kami dibantu disemprotkan disinfektan oleh ACT dan MRI. semoga ini bisa berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya,” ungkap Rusli.

Penyemprotan disinfektan juga dilakukan di beberapa masjid di Kabupaten Tanah Bumbu sehingga masyarakat yang ingin melakukan ibadah bisa tenang dan lancar.

“Penyemprotan cairan disinfektan di masjid ini untuk para jemaah lebih tenang dalam dalam beribadah. Dalam kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Camat Kusan Hilir dan Lurah Kota Pagatan. Mereka menyambut baik langkah yg dilakukan oleh MRI-ACT Tanah Bumbu,” Anjar Sufagat dari tim MRI Kalsel.

Sementara itu Muhammad Budi dari Tim Program ACT Kalsel menjelaskan, kegiatan tersebut adalah bagian dari program Bersama Lawan Corona. Selain penyemprotan disinfektan, ACT juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang virus corona. Misalnya saja terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Program ini akan terus berlanjut, hingga kondisi dirasa aman sehingga masyarakat tidak khawatir dengan wabah virus corona ini. Masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam program Bersama Lawan Corona dapat menyalurkan bantuan terbaiknya melalui transfer ke BNI Syariah 88 0000 490 dan Bank Kalsel 001-001-200-1980, atas nama Aksi Cepat Tanggap. Insyaallah bantuan akan disalurkan untuk saudara-saudara kita dan tenaga medis yang menjadi garda terdepan penanganan Covid-19,” pungkas Budi. []


Bagikan