Warga Karawang Dukung Sektor Kesehatan Palestina

Ambulans hasil kepedulian masyarakat Karawang memfasilitasi layanan medis untuk warga Gaza.

ambulans indonesia untuk palestina
Ambulans pemberian masyarakat Karawang untuk Palestina. (ACTNews)

ACTNews, GAZA – Kepedulian masyarakat Karawang, Indonesia, kepada Palestina, terwujud dalam satu unit ambulans. Ambulans ini diproyeksikan untuk mendukung kinerja fasilitas medis di Gaza, Palestina. 

Ambulans masyarakat Karawang ini menjadi unit ke-16 hasil kolaborasi kemanusiaan dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Kendaraan medis ini akan beroperasi 18 jam per hari. Diperkirakan 1.050 pasien akan menjadi penerima manfaatnya dalam satu bulan.

Said Mukaffiy dari tim Global Humanity Response ACT menjelaskan, selain antar jemput pasien dari rumahnya ke fasilitas kesehatan, ambulans juga akan memberikan pelayanan medis di rumah pasien. Tim medis ACT akan datang ke rumah-rumah warga Gaza dengan ambulans ini.

"Kesehatan merupakan salah satu isu permasalahan di Gaza yang cukup parah. Pascaagresi Israel, banyak rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya yang rusak. Selain itu jumlah ambulans juga tidak sebanding dengan jumlah warga Gaza," jelas Said, Selasa (18/1/2022).

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Palestina, Tahany Qaseem mengutarakan bahwa menghadirkan ambulans di Gaza adalah tantangan besar. Sebab, ditutupnya Pintu Abaz sejak agresi Israel Mei 2021 membuat pencarian spare part unit ambulans ini cukup sulit.

"Alhamdulillah, meski diuji dengan keterbatasan tersebut, ACT terus melanjutkan ikhtiarnya dan berhasil menghadirkan armada ambulans untuk masyarakat Gaza," kata Tahany.[]