Warga Lombok Nikmati Santapan Berbuka dari ACT

Sajian berbuka dihidangkan untuk masyarakat Lombok

ACTNews, JAKARTA – Memasuki Ramadan 2019, Aksi Cepat Tanggap (ACT) terus mengawal pemulihan di lokasi pascabencana, salah satunya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sejak hari pertama Ramadan, tim ACT NTB membagikan ratusan paket makanan siap santap untuk berbuka puasa.

M. Romi Saefudin dari Tim Program ACT NTB mengatakan, pendistribusian makanan siap santap untuk berbuka ditujukan untuk masyarakat prasejahtera yang ada di Lombok. Pemberian ratusan sajian iftar dilakukan setiap harinya selama Ramadan.

Di hari pertama lalu, Senin (6/5), masyarakat yang sedang menjaga kerabatnya di Rumah Sakit Umum Provinsi NTB mendapatkan paket makanan siap santap untuk berbuka. Jamilah salah satunya. Perempuan paruh baya asal Lombok Timur sedang menemani suaminya yang dirawat di.

Romi mengatakan, selama Ramadan ini lokasi akan berpindah untuk pendistribusian, termasuk ke lokasi-lokasi yang parah dilanda gempa pada Agustus 2018 silam. “Oleh karena itu, kami juga ingin mengajak masyarakat luas untuk terlibat langsung dalam pendistribusian, sekaligus melihat kondisi terkini warga Lombok yang berangsur pulih pascagempa,” kata Romi.

Selain di Lombok, pendistribusian paket pangan untuk berbuka puasa dari ACT juga dilakukan di beberapa daerah lain, termasuk ibu kota Jakarta. Di Jakarta, makanan yang disajikan dimasak di Humanity Food Truck. Seribu porsi tiap harinya dibagikan dengan menu berbeda-beda dan layak gizi. []