Warga Pelosok Gunungkidul Sambut Meriah Penyembelihan Kurban

Dengan sigap, warga bergotong royong membantu penyembelihan, pencacahan, hingga pendistribusian daging kurban untuk masyarakat Desa Kepek dan sekitarnya. Daging sapi dan kambing dibagi secara merata kepada sekitar 100 kepala keluarga prasejahtera di desa tersebut.

Warga Pelosok Gunungkidul Sambut Meriah Penyembelihan Kurban' photo
Warga Desa Kepek gotong royong mencacah daging sapi kurban. (ACTNews/Nasrudin)

ACTNews, GUNUNGKIDUL - Meriah, begitulah suasana yang terasa di Desa Kepek, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul pada Iduladha ini, Jumat (31/7). Gema takbir bersahut-sahutan mengiringi proses penyembelihan hewan kurban. Amanah kurban dari para dermawan Indonesia tersebut disambut sukacita oleh warga setempat.

Dengan sigap, warga bergotong royong membantu penyembelihan, pencacahan, hingga pendistribusian daging kurban untuk masyarakat Desa Kepek dan sekitarnya. Daging sapi dan kambing dibagi secara merata kepada sekitar 100 kepala keluarga prasejahtera di desa tersebut.

Dwi, ketua RW setempat yang turut mengikuti prosesi penyembelihan kurban dari awal hingga akhir, menyampaikan rasa terima kasihnya atas bantuan hewan kurban dari Global Qurban - ACT untuk warganya, "Semoga hewan kurban ini menjadi keberkahan para shohibul kurban serta ACT, dan semoga di tahun depan warga sini juga dapat jatah kurban lagi," ungkapnya sambil tersenyum ceria.

Kharis Pradana selaku Koordinator Program Global Qurban - ACT DI Yogyakarta menyampaikan, pendistribusian hewan kurban di hari Iduladha ini menyasar wilayah prasejahtera di Gunungkidul yang rawan kekeringan. “Desa Kepek ini wilayah krisis air bersih. Menurut cerita warga setempat, tidak ada satu pun warga di desa tersebut yang memiliki sumur air karena wilayahnya berupa perbukitan berbatu dan tidak memungkinan untuk didapat sumber air tanah walau sudah dibor ratusan meter. Oleh karenanya di hari Iduladha ini kami berbagi kebahagiaan kurban untuk warga di sana, yang kondisinya cukup prasejahtera,” ujar Kharis.

Pendistribusian hewan kurban di DI Yogyakarta rencananya berlangsung hingga hari tasyrik. Selain Gunungkidul, kabupaten lainnya yang menjadi sasaran distribusi kurban antara lain Bantul, Kulon Progo, dan Sleman.

“Insyaallah kami akan menyapa warga prasejahtera di Bantul dan Sleman serta muslim minoritas di Kulonprogo. Bagi para dermawan yang ingin menyalurkan hewan kurbannya melalui Global Qurban - ACT, dapat mengunjungi website Global Qurban maupun datang langsung ke kantor Global Qurban - ACT DI Yogyakarta hingga hari tasyrik kedua. Semoga makin banyak saudara-saudara kita yang merasakan nikmat kurban tahun ini,” pungkas Kharis. []



Bagikan