Warga Pelosok Maluku Siap Sambut Masjid Baru

Renovasi Masjid Al-Amin, Dusun Tanah Merah, Desa Waisala, Huamual Belakang, Seram Bagian Barat, menjadi idaman warga. Hal ini bukan tanpa alasan, masjid satu-satunya di Tanah Merah tersebut sudah 40 tahun tak tersentuh perbaikan dan kondisinya mulai rusak termakan zaman.

renovasi masjid act
Gotong royong warga Tanah Merah merenovasi Masjid Al-Amin yang menjadi satu-satunya pusat beribadatan warga di sana. (ACTNews)

ACTNews, SERAM BAGIAN BARAT – Masjid Al-Amin yang sudah berdiri 41 tahun lamanya tanpa sentuhan renovasi kini tengah diperbaiki. Didukung relawan Masyarakat Relawan Indonesia, Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Kitabisa, fasilitas ibadah yang ada di Dusun Tanah Merah, Desa Waisala, Huamual Belakang, Seram Bagian Barat ini juga dibantu oleh warga setempat untuk proses renovasinya. Warga memang menyambut hanya adanya renovasi ini, karena mereka memang mendambakan hal tersebut.

Sebelumnya, masjid yang dibangun secara swadaya oleh warga ini kondisinya begitu miris. Pondasi serta dinding banyak yang telah retak, begitu juga dengan tiang yang lapuk dimakan usia. Keadaan ini dikhawatirkan mendatangkan bahaya jika tak diperbaiki secepatnya. Sayang, dana yang dikumpulkan warga secara patungan belum mencukupi untuk memulai renovasi masjid.

“Masjid Al-Amin ini satu-satunya masjid di dusun kami. Belum ada renovasi sama sekali. Tapi alhamdulillah dengan adanya bantuan ACT, masjid kami ini dimulai perbaikannya, sungguh kami sangat bersyukur,” ungkap La Ode Aibi, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Al-Amain.

Terhambatnya renovasi masjid secara swadaya yang digalang warga setempat salah satu faktornya ialah ekonomi warga yang tak sedikit masih prasejahtera. Mayoritas bekerja sebagai petani dan nelayan yang pendapatan hariannya tak menentu, dan terkadang hanya cukup untuk kebutuhan harian keluarganya saja.

Masjid Al-Amin sendiri menjadi pusat aktivitas keagamaan di Dusun Tanah Merah. Selain sebagai tempat salat, terdapat juga kegiatan pendidikan anak. Akan tetapi, karena kondisi masjid yang terbatas, kegiatan pendidikan dipindahkan ke rumah warga.

Kini, dalam beberapa waktu lagi, warga Tanah Merah siap menyambut masjid baru mereka. Koordinator Renovasi Masji Al-Amin Dodit Banjar menjelaskan, di momen menjelang pekan terakhir Agustus, renovasi masjid masuk tahap pengecoran lantai. Dengan masuknya tahap ini, perbaikan masjid diperkirakan sedikit lagi bakal rampung.[]