Warga Sarang Lang Bersyukur Dapatkan Sumur Bor Pertama

Warga Desa Sarang Lang, Kabupaten Ogan Ilir mengeluhkan kondisi sumber air mereka, yakni air sungai yang sering keruh. Selain itu saat musim kemarau, mereka harus membeli air karena ketersediaan air bersih yang minim. Global Wakaf-ACT telah meresmikan satu unit Sumur Wakaf di Desa Sarang Lang pada Kamis (9/1) lalu sebagai penyelesaian dari permasalahan tersebut.

Warga Sarang Lang Bersyukur Dapatkan Sumur Bor Pertama' photo
Global Wakaf - ACT dan PT Pelindo II meresmikan hadirnya Sumur Wakaf di Desa Sarang Lang, Kabupaten Ogan Ilir. (ACTNews/Aditya Marselo)

ACTNews, OGAN ILIR Peresmian Sumur Wakaf di Dusun III, Desa Sarang Lang, Kecamatan Pemulutan Barat, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatra Selatan menjadi momen bahagia bagi para warga. Pasalnya, kini mereka tak lagi harus menggunakan air sungai yang keruh dan berwarna untuk kebutuhan harian.

"Bersyukur sekali kami dengan adanya sumur ini. Jadi tidak susah lagi ingin mengambil air di sungai. Terkadang air di sungai juga keruh, jadi kadang kalau lagi kemarau susah sekali ingin dapat air bersih," ujar Taufik yang merupakan kepala desa setempat, Kamis  (9/1).

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, warga Desa Sarang Lang biasanya membeli air yang dijual mobil tangki dari pusat kota yang dijual eceran sebanyak Rp4 ribu per galonnya. Karena jarak yang cukup jauh, para warga lebih sering mengandalkan air hujan dan air di sungai. Namun, keadaannya lebih sulit ketika musim kemarau, tidak ada air layak yang dapat digunakan warga.

"Kondisi sumber air yang keruh membuat air bersih di sini cukup langka. Bahkan, saat musim kemarau para warga cenderung konsumtif dalam memenuhi air bersih dengan membeli di penjual tangki air keliling. Pembangunan sumur bor ini, insyaallah akan memberi manfaat luar biasa bagi para warga," jelas Diwadia dari Tim Global Wakaf – ACT Sumsel pada Kamis (9/1) lalu.

Perwakilan Global Wakaf - ACT bersama perwakilan desa dan perwakilan wakif dari PT Pelindo II. (ACTNews/Aditya Marselo)

Bagi para warga Desa Sarang Lang, Sumur Wakaf yang diresmikan tersebut adalah sumur bor pertama yang dibangun di desa. Sumur Wakaf dibangun bersamaan dengan fasilitas MCK dan tempat wudu. Semua pembangunan ini merupakan hasil kolaborasi antara Global Wakaf ACT Sumsel dengan PT Pelindo II, yang dikelola oleh Maziska & PPDI PT Pelindo II.

Lukman Salamudin, Asisten Deputi GM SDM & KBL PPDI PT Pelindo II menuturkan bahwa Sumur Wakaf di Desa Sarang Lang adalah unit kedua yang mereka bangun bersama Global Wakaf – ACT di Sumatra Selatan. Ia berharap sumur ini dapat menjadi manfaat bagi warga Desa Sarang Lang.

"Kami berterima kasih atas kerja sama dari Global Wakaf – ACT, dalam hal ini sudah menjadi mitra bagi PT Pelindo II untuk mengimplementasikan amanah wakaf dari teman-teman Maziska Pelindo II. Sumur ini merupakan Sumur Wakaf kedua dari Pelindo untuk masyarakat Sumatra Selatan, khususnya kali ini kita tujukan kepada warga Sarang Lang. Semoga apa yang telah diberikan ini dapat bermanfaat dan menjadi pahala untuk kita semua. Saya juga doakan sukses selalu untuk Global Wakaf – ACT," jelas Lukman. []

Bagikan