Warga Sembalun Nikmati Layanan Medis Gratis

Bersama relawan MRI, ACT menggelar pelayanan kesehatan bagi warga Sembalun, Lombok Timur. Selain itu, relawan juga mendirikan Pojok Baca Generasi Gemilang dan pelatihan wirausaha bagi warga sekitar.

Relawan MRI Lombok Timur saat melakukan pelayanan kesehatan untuk warga Sembalun. (ACTNews)

ACTNews, LOMBOK TIMUR Menjelang pertengahan Juni, tepatnya Ahad (13/6/2021), Tim Medis Masyarakat Relawan Indonesia-ACT Lombok Timur menggelar pelayanan berobat gratis di Pesantren Syukur Asyari, Sembalun Lawang, Sembalun, Lombok Timur. Dalam aksi yang juga melibatkan pihak pesantren dan Sekolah Alam Rinjani (SAR) tersebut, memberikan layanan kesehatan bagi warga sekitar. Aksi baik ini diberikan untuk mendukung program kesehatan warga hingga pelosok negeri.

Relawan MRI-ACT Lombok Timur Mahsan mengatakan, senang bisa ikut ambil bagian membantu masyarakat lewat pelayanan kesehatan ini. Baginya, aksi tersebut sesuai dengan tujuan sosial untuk membahagiakan saudara hingga pelosok. Kegiatan ini pun akakn diikhtiarkan dapat berjalan rutin dan meluas.

“Dengan program ini juga bisa mendukung program sosial membantu warga prasejahtera di berbagai penjuru negeri,” ungkapnya.

Selain pengobatan, relawan MRI-ACT Lombok Timur juga mendirikan Pojok Baca Generasi Gemilang di Sekolah Alam Rinjani. Rumah baca ini diharapkan mampu meningkatkan minat baca anak-anak sehingga bisa bersaing di ranah lebih luas. Apalagi, Sembalun merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi wisatawan, baik dalam juga luar negeri.

Komandan Wilayah MRI Lombok Timur Sri Nurmala mengatakan, Pojok Baca Generasi Gemilang saat ini sudah ada donatur yang mau menyumbang buku bacaan, ialah dari Taman Bacaan Masyarakat Assyuro’ Masbagik, Lombok Timur. “Semoga dengan adanya fasilitas ini bisa meningkatkan minat baca di tengah menurunnya minat baca di Indonesia,” ungkap Sri.

Tak berhenti di situ, untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan, juga diadakan pelatihan ekonomi kreatif bagi warga sekitar. Membuat minuman kekinian dari hasil alam Sembalun, seperti daun min, stroberi, buah naga, lemon, hingga nanas.

Kepala Cabang ACT Nusa Tenggara Barat Juani Pratama mengungkapkan, program kebaikan yang dilakukan merupakan wujud nyata ikhtiar ACT membantu masyarakat di berbagai penjuru negeri. Apa yang disalurkan untuk warga melalui relawan merupakan buah kedermawanan masyarakat yang disalurkan lewat ACT. “Hingga ke depan, ACT bersama relawan MRI bakal terus meluaskan kebaikan di Lombok. Setiap orang bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan ini,” jelas Juaini.[]