Warga Setialaksana Pakai Air Hujan untuk Minum, ACT Kirim Mobile Water Truck

Banyak warga di Desa Setialaksana, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi yang masih kesulitan memperoleh air bersih. Mereka hanya mengandalkan air hujan untuk mandi, beribadah, hingga dikonsumsi untuk minum. ACT pun mengirimkan Humanity Water Truck ke lokasi, dan membagikan ribuan air bersih gratis untuk warga di sana.

humanity water truck
Warga Desa Setialaksana menerima bantuan air bersih gratis dari Humanity Water Truck ACT. (ACTNews)

ACTNews, BEKASI – Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi manusia baik secara langsung maupun tidak langsung. Air dibutuhkan mulai dari kegiatan sehari-hari, seperti mandi, mencuci, beribadah, sampai dikonsumsi untuk minum. Namun, sayangnya masih terdapat beberapa daerah yang masih kesulitan untuk mendapatkan akses air bersih yang cukup.

Desa Setialaksana, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi misalnya. Berdasarkan data dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  kondisi air tanah yang ada di wilayah Kabupaten Bekasi sebagian besar merupakan air tanah dangkal yang berada pada kedalaman 5 hingga 25 meter dari permukaan tanah. Sedangkan standara air tanah dalam pada umumnya didapat pada kedalaman antara 90 hingga 200 meter. Dengan begitu, cadangan air bagi beberapa warga di wilayah Kabupaten Bekasi pun menjadi tidak terlalu banyak. Khususnya saat musim kemarau tiba.

Saat musim kemarau berkepanjangan melanda, banyak warga Desa Setialaksana yang mengalami kesulitan air bersih. Mereka hanya mampu mengandalkan tadahan saat air hujan sesekali tiba. Dari air hujan tersebut, warga memakainya untuk segala aktivitas. Dari beribadah, memasak, hingga untuk diminum.

Warga bisa saja memperoleh air dari depot setempat, namun mereka diharuskan membayar sejumlah biaya untuk mendapatkanya. Ini tentu menjadi sulit bagi mereka. Sebab, mayoritas masyarakat di sana tergolong warga prasejahtera yang tidak memiliki pendapatan pasti.

Mendapati kabar tersebut, Aksi Cepat Tanggap (ACT) langsung bergerak ke lokasi. Armada Humanity Water Truck yang dapat mengangkut hingga 20 ribu liter air bersih juga dikerahkan. Dalam aksi tersebut. Ribuan liter air bersih dialirkan ke wadah atau galon milik ratusan warga. Raut wajah bahagia tak mampu mereka sembunyikan ketika menerima air bersih yang berlimpah.

“Alhamdulillah warga sangat bersyukur dan berterimakasih atas bantuan air bersih yang didistribusikan kepada merek. Pasalnya mereka sudah sangat kesulitan jika setiap hari mengeluarkan uang sebesar Rp6 ribu untuk membeli satu galon air. Mungkin bagi beberapa orang, uang dengan nominal tersebut tidak lah besar. Tapi bagi mereka, yang masih lontang-lantung untuk sekadar bertahan hidup, nominal tersebut sangat lah berarti,” kata tim program ACT Kabupaten Bekasi, Setyo Pambudi pada Ahad (25/7/2021).

Setyo menambahkan, masih banyak warga di wilayah lainnya yang kesulitas air bersih. Untuk itu, ia mengajak seluruh Sahabat Dermawan memberikan bantuan terbaiknya,  untuk  nanti dialokasikan ke  berbagai program bantuan air bersih. []