Warga Tanah Bumbu Tunjukan Kepedulian pada Palestina

Dukungan untuk Palestina terus mengalir dari bangsa Indonesia. Kali ini, kepedulian datang dari warga Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Serah terima donasi dari relawan gabungan Kabupaten Tanah Bumbu untuk Palestina. Diserahkan oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu Rusli kepada Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin. (MRI Kalsel/Alvina)

ACTNews, TANAH BUMBU Kepedulian masyarakat Indonesia untuk Palestina terus mengalir. Terbaru, warga Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, menggalang dukungan untuk Palestina sejak pertengahan Mei 2021. Penggalangan dana sendiri dilaksanakan di beberapa titik, yaitu di Kecamatan Pagatan, Kecamatan Batulicin, Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Angsana, Kecamatan Sungai Loban dan Kecamatan Satui.

Penggalangan kepedulian ini melibatkan berbagai unsur, mulai dari relawan Masyarakat Relawan Indonesia, serta berbagai organisasi kemasyarakatan dan komunitas se-Kabupaten Tanah Bumbu. Hingga Ahad (6/6/2021), kepedulian yang terkumpul mencapai Rp251 juta.

Kepedulian yang terkumpul di Tanah Bumbu kemudian disalurkan melalui ACT Kalimantan Selatan. Serah terima donasi sendiri dilaksanakan di Panggung Utama Pantai Pagatan, Kabupaten Tanah Bumbu, Jumat (25/6/2021) pagi. Disaksikan langsung oleh Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli dan Kepala Cabang ACT Kalsel Zainal Arifin, serta relawan MRI-ACT Kabupaten Tanah Bumbu dan berbagai lintas komunitas dan organisasi, acara ini mendapatkan sambutan yang baik.

“Alhamdulillah donasi yang terkumpul sampai dengan tanggal 6 Juni 2021 yaitu sebesar Rp 251 juta. Di maa dalam aksi solidaritas untuk Palestina ini juga melibatkan komunitas se-Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu sekitar 50 komunitas. Luar biasa melebihi ekspektasi,” kata Ketua MRI Kabupaten Tanah Bumbu Anjar Sufangat.

Menariknya, tambah Anjar, tak sedikit yang ikut ambil bagian dalam kepedulian untuk Palestina ini ialah warga dengan ekonomi prasejahtara. “Kedermawanan yang hadir datang dari berbagai kalangan, termasuk para pekerja informal yang saat ini ekonominya turut terdampak pandemi,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Bumbu Muhammad Rusli memberikan apresiasi kepada relawan gabungan se-Kabupaten Tanah Bumbu yang telah terlibat dalam kepedulian untuk Palestina. Ia berharap, hasil penggalangan mampu memberikan manfaat bagi penduduk yang tengah dirundung penjajahan tersebut.

“Kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih. Kegiatan ini memberikan sebuah harapan di mana donasi ini sangat bagus dan salah satu cara membantu urusan kemanusiaan, khususnya di Palestina,” kata Rusli.[]