Warung Wakaf Pertama Hadir di Kota Pekanbaru

Warung Wakaf yang diinisiasi oleh Global Wakaf ini hadir pertama kali di Pekanbaru, Riau. Warung Wakaf diharapkan menjadi inisiator kebangkitan ekonomi umat di Kota Pekanbaru.

Warung Wakaf Pertama Hadir di Kota Pekanbaru' photo
Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi memberikan sambutan saat pembukaan dan peresmian Warung Wakaf pertama di Kota Pekanbaru, Jumat (14/2). (ACTNews)

ACTNews, PEKANBARU Warung wakaf yang diinisiasi oleh Global Wakaf hadir pertama kali di Pekanbaru, Riau. Warung Wakaf diresmikan oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi pada Jumat (14/2). Swalayan mini ini berlokasi di Jalan Kuantan 1, Kelurahan Sekip, Kecamatan Lima Puluh.

Ayat Cahyadi dalam sambutan peresmian Warung Wakaf mengatakan, Warung Wakaf menjadi inisiasi dalam membangkitkan ekonomi umat. “Inilah Warung Wakaf satu-satunya yang menyediakan kebutuhan sehari-sehari bagi warga. Hal ini pun menjadi inisiasi dalam kebangkitan ekonomi umat,” kata Ayat.

Ayat menambahkan, kebangkitan ekonomi umat tidak terlepas dari peran masyarakat. Menurut Ayat, perlu rasa kepedulian keinginan untuk saling membantu dalam memberikan manfaat kepada orang lain.

Kehadiran Warung Wakaf juga diharapkan menjadi sarana edukasi masyarakat terkait dengan wakaf. Warung Wakaf merupakan wujud pengelolaan wakaf tunai dalam bentuk usaha.

Kepala Cabang Global Wakaf- ACT Riau Hotman Razali mengatakan, wakaf menjadi instrumen syariah yang paling tinggi terkait kesejahteraan umat. “Kita ingin mengembalikan potensi wakaf menjadi pilar ekonomi umat,” jelas Hotman.

Warung Wakaf tidak hanya sebagai sarana berbelanja, namun juga sebagai bentuk ikhtiar untuk membantu Andini (14), remaja asal Kerumutan, Kabupaten Pelalawan, yang harus mengasuh kedua adiknya yang masih bayi dan balita.

Pemahaman wakaf yang dimaknai secara sempit perlu diperluas. Selama ini wakaf identik dengan bidang pertanahan dan penyediaan fasilitas keagamaan. Padahal, wakaf tidak melulu identik dengan makam, masjid, dan madrasah

Dalam peresmian Warung Wakaf, Global Wakaf–ACT Riau juga memberikan bantuan kepada 20 anak yatim yang tinggal di sekitar lokasi Warung Wakaf. Bantuan terdiri dari bahan pangan dan voucher belanja.[]


Bagikan