Wong Solo Foundation dan ACT Berangkatkan Humanity Mobile Food Services ke Malang

Armada kemanusiaan Humanity Mobile Food Services dari Wong Solo Foundation dan ACT berangkat dari Solo pada Ahad (7/11/2021) malam ke Malang, Jawa Timur. Di sana, truk yang boksnya telah dimodifikasi tersebut siap melayani pangan terbaik untuk penyintas bencana.

humanity mobile food services act
Humanity Mobile Food Service. (ACTNews)

ACTNews, SOLO Banjir bandang menerjang Batu dan Malang, Jawa Timur, menyisakan duka bagi penyintas bencana di sana. Tercatat, beberapa orang dinyatakan wafat dalam bencana ini, sedangkan ratusan jiwa lainnya mengungsi. Saat ini, bantuan kemanusiaan dinantikan untuk memulihkan kehidupan mereka pascabencana yang juga bertepatan dengan Covid-19 yang masih mewabah.

Berangkat dari kondisi tersebut, Aksi Cepat Tanggap bersama Wong Solo Foundation mengirimkan armada Humanity Mobile Food Services ke lokasi bencana. Dari truk ini, mampu menyajikan seribu porsi hidangan produk MakanKu dalam sekali masak yang akan didistribusikan untuk penyintas bencana serta warga prasejahtera di Malang dan Batu.

Humanity Mobile Food Services diberangkatkan dari pusat industri produk MakanKu di Cemani, Sukoharjo, pada Ahad (7/11/2021) malam. Di Malang dan Batu, truk akan hadir di banyak titik untuk melayani pangan siap santap warga.

Presiden Wong Solo Foundation Muhammad Ibnu Bakar menyampaikan, duka atas bencana yang melanda Malang dan Batu beberapa waktu lalu. Apalagi, bencana besar tersebut terjadi di tengah pandemi.

“Saya turut berduka cita atas bencana banjir bandang yang melanda saudara-saudara kita di Malang dan Batu, Jawa Timur. Semoga mereka melalui ujian ini dengan penuh kesabaran dan banjir bandang ini menambah tawakal kita kepada Allah. Bencana ini juga menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu dan meringankan saudara kita yang ada di sana,” ungkapnya.


Humanity Mobile Food Services saat diberangkatkan ke Malang dan Solo. (ACTNews)

Banjir bandang melanda Batu dan Malang setelah hujan mengguyur wilayah di selatan Jawa Timur itu pada Kamis (4/11/2021) lalu. Terjangan banjir sangat besar, membuat permukiman yang khususnya berada di aliran sungai mengalami kerusakan bahkan hanyut terbawa deras arus air yang membawa berbagai material. Dilaporkan beberapa orang hilang dan ditemukan dalam keadaan wafat, sedangkan warga lain menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman.

Kepala Cabang ACT Solo Muhammad Irfan mengatakan, kepedulian untuk warga Batu dan Malang tak hanya ACT galang dan hadirkan dari wilayah Jawa Timur saja. Akan tetapi, kepedulian datang dari berbagai penjuru negeri ini, termasuk ACT Solo bersama Wong Solo Foundation yang memberangkatkan Humanity Mobile Food Services.

“Hidangan terbaik akan kami hadirkan untuk saudara kita yang terdampak bencana di Batu dan Malang,” jelas Irfan.

Selain Humanity Mobile Food Services, saat ini armada Humanity Food Bus juga tengah bersiap menggelar aksi terbaiknya di Malang dan Batu. Armada kemanusiaan lain juga ACT datangkan, di antaranya Humanity Water Tank yang siap melayani keperluan air bersih warga, hingga ambulans yang siaga memberikan pelayanan medis gratis untuk penyintas.[]