Wujud Nyata Dampingi Saudara Tunanetra

ACT bersama Pemkot Padang pada Rabu (27/10/2021) mulai mendistribusikan Al-Qur’an Braille ke penyandang tunanetra. Aksi ini merupakan wujud nyata wakaf yang manfaatnya berkepanjangan.

al-quran braille
Penyerahan simbolis Al-Qur'an Braille kepada tunanetra di Padang. (ACTNews/Iqbal Lupi)

ACTNews, PADANG – Menurut Ikatan Tunanetra Muslim Indonesia (ITMI), ada sekitar 4 juta jiwa penyandang tunanetra di Indonesia. Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 30 ribu saja yang bisa mendapatkan akses pendidikan. Bebagai alasan mendasari, salah satunya ialah harga alat pendukung yang tinggi. Seperti Al-Qur’an Braille yang satu paketnya dibandrol Rp1,5 sampai 2,5 juta.

Berawal dari kondisi ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyalurkan amanah berupa bantuan Al-Qur’an Braille ke penyandang tunanetra di beberapa wilayah. Salah satunya, pada Rabu (27/10/2021), di Padang dengan seremoni penyerahan digelar di Rumah Dinas Walikota Padang. Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama ACT Sumatra Barat dengan Dinas Sosial Kota Padang.

Dalam sambutannya, Walikota Padang Hendri Septa menyampaikan, wakaf Al-Qur’an merupakan salah satu amal jariah. Apalagi Al-Qur’an ini bakal mendukung pendidikan agama bagi penyandang tunanetra.

“Seperti Sumur Wakaf yang insyaallah terus mengalirkan pahala bagi kita semua, begitu juga Al-Qur’an Braille, karena akan memudahkan saudara kita,” harap Hendri.

Penyerahan simbolis Al-Qur’an Braille ini dilakukan langsung oleh Hendri kepada lima orang penyandang tunanetra dari Panti Bina Netra Tuah Sakato Padang. Total, ada 60 kardus berisikan paket Al-Qur’an Braille yang akan didistribusikan.

Ali Amri (38), salah satu peserta perwakilan tunanetra, mengaku tak menyangka bakal menerima Al-Qur’an Braille dari ACT Sumbar dan bertemu langsung dengan Wali Kota Padang. Baginya ini merupakan berkah tersendiri karena bisa terus mendalami makna di dalam Al-Qur’an.

“Harapan saya, teman-teman tunanetra lain bisa mendapatkan Al-Qur’an Braille seperti ini agar mereka bisa lebih baik lagi mendalami Islam dan tetap semangat di tengah keterbatasan.” Ungkapnya.

Distribusi Al-Qur’an Braille di Padang merupakan ikhtiar ACT mendampingi masyarakat. Aksi ini pun merupakan buah kolaborasi dengan Pemkot Padang dan dukungan dari dermawan.

“Ini merupakan wujud nyata manfaat wakaf yang berkepanjangan dan menjadi amal jariah bagi kita. Mohon doa dan dukungannya agar program serupa bisa meluas dan lebih banyak menjangkau yang membutuhkan,” ungkap Zeng Wellf  dari tim ACT.[]