Yuk Kenalan dengan Berbagai Armada Pangan Aksi Cepat Tanggap

Kemasifan Gerakan Sedekah Pangan Nasional Aksi Cepat Tanggap turut didukung berbagai armada kemanusiaan. Yuk kenalan dengan armada yang mendukung program-program pangan ACT.

Food Truck ACT
Rice Truck ACT, salah satu armada kemanusiaan yang mendukung program pangan ACT. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA Setiap hari, Aksi Cepat Tanggap menggelar operasi pangan dengan membagikan paket pangan kepada warga prasejahtera. Aksi ini dilaksanakan di hampir seluruh kota yang ada di Indonesia.

Kelancaran distribusi pangan ini salah satunya ditunjang oleh berbagai program pangan. Berikut program-program pangan Aksi Cepat Tanggap:

  1. Humanity Rice Truck

Rice truck merupakan armada ACT yang mampu membawa 10 ton beras dilengkapi dengan 8 dispenser di sisi kiri dan kanan truk. Masing-masing dispenser bisa mengeluarkan beras sebanyak 5 liter dalam satu kali penarikan. Armada ini juga akan dilengkapi dengan kartu Pengenal Radio Elektronik (RFID) yang dinamakan Wakaf Humanity Card, sehingga masyarakat bisa mengakses dan menadah beras layaknya di mesin ATM.

Armada ini telah mengunjungi berbagai kota besar di Indonesia dan daerah bencana untuk menyalurkan beras kepada yang membutuhkan. Saat beraksi, Rice Truck ini biasanya mencuri perhatian warga sekitar karena ukurannya yang besar serta gambar badan truk yang artistik. 

2. Humanity Food Truck


Armada Food Truck ACT. (ACTNews)

Dari segi dimensi kendaraan, armada ini hampir sama dengan Humanity Rice Truck. Namun, Humanity Food Truck hadir dengan peralatan masak dalam kabin truk yang bisa digunakan untuk mengolah 2.000 porsi makanan. Pengadaan Humanity Food Truck ini bertujuan untuk menyediakan makanan kepada korban bencana yang butuh penyajian makanan efektif. Untuk itu, kabin truk dimodifikasi dengan alat masak canggih untuk memudahkan koki memasak ribuan porsi.

3. Food Van


Armada Food Van ACT. (ACTNews)

Food Van ACT adalah armada mobil yang telah dimodifikasi berbentuk kotak pada bagian belakangnya yang bertujuan untuk mendistribusikan makanan sampai ke pelosok-pelosok. Makanan yang dibawa oleh Food Van merupakan olahan dari kitchen centre ACT untuk dibagikan kepada penerima manfaat.

Food van ACT telah melayani ribuan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pangan warga sekitar.[]