Yuk Tengok Ragam Program Pendidikan di Wakaftunai.id!

Berbagai program wakaf pendidikan tersedia di Wakaftunai.id. Mulai dari Wakaf Al-Qur’an braille, wakaf asrama santri tepian negeri, hingga wakaf bangun sekolah di tepian negeri.

wakaf tunai
Ilustrasi. Kondisi satu sekolah di Kubu Raya. Melalui program wakaf pendidikan di wakaftunai.id, Sahabat Wakif bisa membangun sekolah tepian negeri. (ACTNews)Ilustrasi. Kondisi satu sekolah di Kubu Raya. Melalui program wakaf pendidikan di wakaftunai.id, Sahabat Wakif bisa membangun sekolah tepian negeri. (ACTNews)

ACTNews, JAKARTA SELATAN – Pendidikan menjadi bidang yang tak luput dari program-program wakaf. Wakaftunai.id pun mengkampanyekan berbagai program pendidikan yang bisa Sahabat Wakif bantu. Berikut sejumlah program pendidikan di wakaftunai.id

Wakaf asrama santri tepian negeri

Program wakaf ini dikhususkan untuk membangun asrama para santri di pelosok. Salah satunya di Pondok Pesantren Darul Hikmah Al-Hidayo di Desa Silatong, Kecamatan Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil. Saat ini ada 83 santri yang menimba ilmu di pondok pesantren tersebut.

Santri umumnya berasal dari masyarakat sekitar pesantren, dengan ekonomi kurang mampu, anak yatim, dan anak-anak yang putus sekolah. Bangunan asrama yang dihuni kondisinya sempit dan lapuk karena dibuat dari kayu dan papan. 

Wakaf Al-Qur’an braille untuk tunanetra

Nikmatnya membaca Al-Qur'an bukan hanya ingin dirasakan oleh orang yang memiliki penglihatan, tetapi juga oleh muslim dengan penglihatan terbatas atau buta. Proses produksi Al-Qur’an braille berbeda dengan Al-Qur’an biasa. Per juz dipisah dan satu lembar kertasnya tebal. Biaya satu eksemplar Al-Qur’an mencapai Rp1,5 juta. 

Wakaf Bangun Sekolah Tepian Negeri

Info bangunan sekolah yang hampir ambruk, sederhana, terbuat dari kayu yang sudah lapuk, sering didengar dari pendidikan di tepian negeri. Salah satunya adalah sekolah yang berada di Dusun Beringin, Desa Puguk, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Gipsum yang telah lapuk menjadi dinding sekolah. Lantainya dari kayu yang juga sudah termakan usia dan cuaca. Atap sekolah terbuat dari seng, sehingga panas akan mengepung seisi ruangan saat cuaca cerah. Sedangkan, papan tulis kapur masih menjadi media pembelajaran.[]