Zakat Fitrah Bahagiakan Masyarakat Pra Sejahtera di Pangkep

Masyarakat prasejahtera di Pangkep bersyukur mendapatkan zakat fitrah dari para muzaki yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT. Para mustahik mendoakan semoga para muzaki menerima balasan kebaikan yang berlipat ganda.

zakat fitrah membahagiakan
Warga menerima zakat fitrah dari Global Zakat-ACT. (ACTNews)

ACTNews, PANGKAJENE DAN KEPULAUAN — Sebagai pembersih jiwa, zakat fitrah sudah seharusnya dibayarkan saat Ramadan dan disalurkan sebelum khatib naik ke mimbar (alat Idulfitri. Atas prinsip tersebut, amanah zakat fitrah yang dititipkan muzaki kepada Global Zakat-ACT disalurkan di hari terakhir Ramadan 2021, Rabu (12/5/2021). 

Pendistribusian zakat fitrah salah satunya dilakukan di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan. Zakat fitrah disalurkan kepada mustahik yakni orang miskin, lansia pra sejahtera, dan pekerja lepas dengan penghasilan minim tak menentu. 

“Zakat fitrah dari muzakki yang dititipkan kepada Global Zakat-ACT disalurkan kepada masyarakat yang berhak yakni lansia prasejahtera, tukang becak, pekerja lepas, dan orang miskin,” kata Firman dari tim Global Zakat-ACT Sulawesi Selatan, Selasa (18/5/2021).

Firman melanjutkan, total ada 185 mustahik yang menerima zakat fitrah di Pangkep. Masing-masing orang mendapat 5 kilogram beras zakat fitrah. Pembagian dilakukan di tiga kecamatan di wilayah Pangkajene dan Kepulauan diantaranya Kecamatan Bungoro, Labakkang, dan Pangkajene. 

“Atas nama para mustahik dan Global Zakat-ACT, saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan muzakki telah menitipkan zakat fitrahnya melalui Global Zakat-ACT. Semoga kebaikan dan zakat yang telah ditunaikan menjadi amal kebaikan untuk mendapatkan rida-Nya,” jelas Firman. 

Global Zakat-ACT juga mendistribusikan zakat fitrah ke wilayah Kota Tangerang Selatan, Pangkep, Tasikmalaya, Sukabumi, Cirebon, Kota Pangkalpinang, Kuningan, Pekalongan, Madiun, Bandung Barat, Purwokerto. Di samping itu, selama Ramadan, paket pangan dan bantuan biaya hidup untuk guru dan dai tersalurkan.[]