Zakat Fitrah Dermawan Hadirkan Kebahagiaan di Tengah Kesulitan Yaman

Di tengah ancaman kelaparan dan kesulitan lainnya yang mengancam warga Yaman akibat perang, Aksi Cepat Tanggap berikhtiar melipur duka warga prasejahtera di Kota Taiz dengan mengantarkan amanah dermawan berupa zakat fitrah. Ratusan asnaf di Kota Taiz menerima bantuan ini pada Rabu (12/5/2021).

zakat fitrah anak-anak di yaman
Senyum salah seorang anak di Kota Taiz, Yaman ketika menerima zakat fitrah. (ACTNews)

ACTNews, TAIZ – Idulfitri selalu datang bersama sukacita. Seolah merayakan hari kemenangan bersama keluarga dengan berbagai macam hidangan tersaji di meja. Namun, hal ini nampaknya masih sulit untuk banyak warga Yaman yang terdampak oleh perang.

Program Pangan Dunia (WFP) mengungkapkan, tingkat kelaparan di Yaman saat ini menyebabkan rangkaian krisis yang parah bagi jutaan orang. Meskipun bantuan kemanusiaan yang sedang digulirkan oleh PBB, hal ini tidak serta merta membuat masyarakat di Yaman terhindar dari kerawanan pangan.

Pada tahun ini juga, hasil kajian empat badan PBB memperkirakan, 400.000 anak berusia di bawah lima tahun di Yaman terancam meninggal dunia karena kelaparan pada 2021. Dan salah satu titik pusat di mana terjadi kelaparan tersebut adalah Kota Taiz.


Aksi Cepat Tanggap pun menyalurkan zakat fitrah dermawan kepada ratusan asnaf di Kota Taiz. Hal ini sebagai ikhtiar membantu masyarakat prasejahtera korban konflik kemanusiaan di Taiz. Pada Ramadan 1442 hijriah ini,, zakat fitrah masyarakat Indonesia sampai kepada masyarakat Taiz yang terdampak oleh perang.

“Zakat fitrah ini kami berikan kepada ratusan warga Kota Taiz yang hidup dalam kondisi prasejahtera,” ujar Firdaus Guritno dari Tim Global Humanity Response Aksi Cepat Tanggap pada Kamis (13/5/2021).

Amanah ini telah ditunaikan kepada para asnaf pada Rabu (12/5/2021). Firdaus berharap, kehadiran zakat fitrah ini dapat membahagiakan saudara-saudara di Yaman di momen lebaran kali ini.

“Mungkin mereka tak dapat merayakan Idulfitri layaknya kita saat ini. Oleh karenanya harapan kami, zakat yang dititipkan para dermawan dapat memudahkan mereka di tengah kondisi kesulitan yang sedang mereka alami,” ujar Firdaus.[]