Zakat Fitrah Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim di Gaza

Bulan Ramadan ini, zakat para muzaki memberikan kebahagian tersendiri bagi anak-anak yatim di Gaza

Zakat Fitrah Hadirkan Kado Terindah bagi Yatim di Gaza' photo

ACTNews, GAZA  – Allahuakbar, allahuakbar, allahuakbar, laa illaha illallah, allahuakbar, allahuakbar, wa lillahilham….

Takbir kemenangan telah bergema. Hari raya Idulfitri tengah dirayakan seluruh umat muslim di dunia, tidak terkecuali mereka yang berada di Palestina. Hari itu, 1 Syawal 1440 Hijriah, tawa pun merekah dari wajah anak-anak Palestina.




Berkat kebaikan para dermawan, di perayaan Idulfitri kali ini, anak-anak Palestina dapat berlebaran dengan pakaian baru. “Lebaran kali ini anak-anak Palestina menerima eid gift dari zakat fitrah para dermawan. Anak-anak dapat berbelanja baju, celana, dan sepatu,” lapor Andy Noor Faradiba dari Global Humanity Response - Aksi Cepat Tanggap (GHR - ACT).

Pemberian hadiah Lebaran itu dilakukan pada Selasa (28/5) lalu. “Ada 178 anak penerima manfaat. Mereka adalah anak-anak keluarga yatim dan miskin di Gaza,” lanjut Faradiba.

Saat pembagian hadiah Lebaran, anak-anak Gaza berkumpul di salah satu sentra logistik ACT di Gaza. Kardus-kardus berisi hadiah Lebaran ditumpuk rapi. “Apa isi bingkisan itu ya?” pikir anak-anak, penasaran.




Mereka pun mulai mengantre. Menunggu giliran nama mereka dipanggil. Girang bukan kepalang mereka rasakan ketika tangan mereka menerima bingkisan itu. Dengan hati gembira mereka membawa hadiah lebaran itu ke rumah, berbagi dengan sanak keluarga.

Bukan hanya hari itu. Beberapa hari sebelum Lebaran, hadiah Idulfitri dari zakat fitrah para dermawan berupa manisan dan pakaian juga dibagikan ke ratusan anak di Gaza. “Pada Sabtu dan Senin (1-3/6), ACT juga menyampaikan zakat fitrah para dermawan sebagai eid gift kepada 325 anak yatim dan anak-anak dari keluarga miskin lain di Gaza,” lanjut Faradiba.

Relawan ACT di Gaza mengabarkan, salah seorang anak menjajal pakaian barunya. Baju berwarna oranye itu ia dapatkan sebagai hadiah idulfitri dari para muzaki di Indonesia. Ia pun berniat mengenakan pakaian baru itu pada hari raya nanti.

Lebaran kali ini menjadi salah satu momen paling membahagiakan bagi anak-anak Gaza sebab merayakan Lebaran dan mendapatkan hadiah tidak dapat selalu mereka rasakan. Pada penghujung Ramadan lalu, syukur yang tiada henti pun mereka ucapkan. Doa untuk kebaikan para dermawan juga tidak berhenti dimohonkan kepada Allah Swt.[]

Bagikan