Zakat Mal Dermawan Mewujud Bantuan Pangan untuk Penyintas Gempa Sulawesi Barat

Puluhan ribu porsi bantuan pangan yang diterima penyintas gempa Sulawesi Barat salah satunya diperoleh dari pengelolaan zakat mal yang dihimpun Global Zakat-ACT.

Relawan MRI mendistribusikan makanan siap santap Humanity Food Truck untuk penyintas anak gempa Mamuju pada Januari lalu. Hidangan siap santap ini tersaji dengan dukungan zakat mal masyarakat yang disalurkan melalui Global Zakat. (ACTNews/Eko Ramdani)

ACTNews, MAMUJU, MAJENE – Zakat mal Sahabat Dermawan yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT mewujud bantuan pangan untuk puluhan ribu penyintas gempa di Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.  Melalui Humanity Food Truck, sejak sejak 24 Februari 2021 lalu, total 32.740 porsi makanan bergizi siap santap tersaji untuk penyintas gempa.

Koordinator Humanity Food Truck Global Zakat-ACT Ryan Andriana Rachman menjelaskan, salah satu dukungan terbesar bantuan pangan ini hadir dari zakat mal masyarakat yang disalurkan melalui Global Zakat-ACT. Zakat mal merupakan zakat yang dikeluarkan atas emas, uang, dan aset berharga, yang sampai pada nisabnya.

"Alhamdulillah, berkat dukungan muzaki, saudara-saudara kita penyintas gempa di Sulawesi Barat bisa menikmati hidangan bergizi. Aksi ini juga merupakan bentuk pemulihan pascabencana yang digalangkan Global Zakat-ACT," jelas Ryan.

Bantuan pangan ke masyarakat mamuju tersebut, merupakan salah satu bentuk output dari program Zakat mal yang digalang Global Zakat.

"Bantuan pangan ini bisa digalangkan, salah satu sumber dana terbesarnya adalah dari zakat mal. Sehingga artinya dengan masyarakat melakukan zakat mal, itu bisa sangat membantu teman-teman kita yang tengah keselitan,” ujar Koordinator armada Humanity Food Truck, Ryan Andriana Rachman pada Rabu (10/04/2021).

Zakat mal dikelola Global Zakat-ACT menjadi hidangan Humanity Truck Food. Bantuan pangan dibagikan secara rutin dua hingga tiga kali sehari. Menu makanan yang dihadirkan pun tetap memperhatikan rasa dan gizi. Lauk-pauk yang tersaji antara lain daging ayam, telur, tahu, tempe, dan sayur.

Ryan berharap, Sahabat Dermawan bisa terus memercayakan zakat mal kepada Global Zakat-ACT. Selain bantuan pangan untuk penyintas bencana, zakat mal juga disampaikan Global Zakat-ACT untuk membantu pasien Mobile Social Rescue, beaguru Sahabat Guru Indonesia, dan Dai Tepian Negeri.[]